Mengedit foto merupakan salah satu rangkaian kerja dalam fotografi. Ada yang mengatakan, mengedit foto itu laiknya memakai kosmetik bagi seorang gadis. Sebuah foto akan tampak lebih indah dengan sentuhan peranti lunak alias software pengedit foto.  

Saat ini, seiring dengan perkembangan dunia digital, fotografi ikut berkembang sedemikian pesat. Begitu pula dengan peranti untuk mengedit foto. Kita dapat menemukan berbagai perangkat lunak untuk mengedit foto dengan mudah. Mulai dari perangkat yang dipasang di komputer maupun di telepon pintar, dari yang gratis maupun yang berbayar.

Saya juga menggunakan perangkat lunak untuk memperindah foto-foto saya. Pada awalnya, saya menggunakan Adobe Lightrom dan Photoshop yang saya pasang di komputer saya. Sementara di ponsel, saya menggunakan aplikasi Snapseed dan Adobe Lightroom for mobile.

Nah, belakangan saya menggunakan Capture One sebagai perangkat untuk mengedit foto, setelah sekian lama memakai Lightroom. Mulanya, saya membaca iklan yang muncul di lini masa Facebook, bahwa perangkat ini bisa mengedit file raw Fujifilm, kamera yang saya gunakan. Kemudian saya mempelajari peranti lunak ini, mengunduh versi trial-nya, dan akhirnya membeli versi Capture One Pro 12. Saya menemukan banyak kelebihan, misalnya saya tidak perlu membayar tiap bulan seperti perangkat lain, terutama Adobe. Meskipun, Capture One juga memiliki kekurangan dibanding Lightroom dan Photoshop.

Kemarin, sembari mengedit foto, saya iseng-iseng membuat tutorial singkat mengedit foto landscape menggunakan Capture One Pro 12. Ini adalah video tutorial saya yang pertama, jadi maaf, ya, kalau banyak kekurangan.

Yuk, langsung simak saja video ini. Jangan sungkan untuk memberi saran dan masukan.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Enter Your Comments Here..